Berapa Tingkat Kepadatan Kata Kunci Yang Dianjurkan Untuk Optimasi SEO?
Kepadatan kata kunci untuk optimasi SEO sering ditanyakan oleh pemula yang berusaha mendapatkan posisi di SERP mesin pencari untuk websitenya. Ini adalah pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban yang pasti, dan benar-benar sangat tergantung dengan niche dan kondisi dari halaman website anda.
Kalau anda memakai tools SEO biasanya anda akan mendapatkan rekomendasi kata kunci 2%. Apakah ini adalah nilai kepadatan kata kunci yang ideal?
Tidak juga….
Kepadatan kata kunci menjadi topik, karena sering kali Google mengabaikan optimasi website anda karena kata kunci yang ditargetkan di suatu halaman website terlalu lemah.
Google memang mengatakan bahwa jika suatu kata sudah diulangi lebih dari 3x di dalam suatu halaman website, maka kata tersebut bisa digolongkan sebagai kata kunci. Tapi 3x pengulangan itu akan seperti jarum ditumpukan jerami jika halaman tersebut mempunyai lebih dari 1000 kata.
Jadi memang kata tersebut akan dianggap sebagai kata kunci, tapi kata kunci yang sangat lemah. Jika di halaman tersebut ada kata kunci dengan kepadatan yang lebih baik, maka kata kunci tersebut yang akan lebih diutamakan.
Jadi berapa kata kepadatan kata kunci yang ideal untuk optimasi SEO website anda?
Seperti yang sudah saya katakan di atas; tidak ada kepadatan kata kunci yang pasti. Tapi biasanya website ranking 1 mempunyai range dari 1,5% sampai 5%. Jadi anda bisa menganggap ini sebagai range yang dianggap cukup signifikan sekaligus cukup aman.
Bagaimana menghitung persentase kepadatan kata kunci ini…?
Kepadatan kata kunci di suatu halaman itu mencakup seberapa banyak suatu kata diulangi di dalam halaman tersebut berbanding jumlah keseluruhan kata di halaman tersebut. Keseluruhan kata ini mencakup kata-kata di header, kolom utama, sidebar, dan footer….
Sebagai contoh: Jika jumlah kata gabungan dari header, utama, sidebar, dan footer adalah 2000 kata. Maka itu berarti kepadatan kata kunci yang termasuk cukup signifikan dan cukup aman ada di kisaran 30 sampai 100 x pemunculan kata kunci.
Pemunculan ini sudah mencakup yang ada di sistem heading, sistem internal link, sistem external link, caption, alt tag, dan tentu saja konten utama halaman itu sendiri.
Apakah boleh kepadatan kunci lebih dari 5%?
Tentu saja boleh. Bahkan terkadang ranking 1 bisa mempunyai kepadatan kata kunci sampai 15%. Tapi pada umumnya kepadatan kata kunci ini muncul dalam bentuk anchor text link yang banyak di halaman tersebut.
Jadi jangan terlalu takut untuk melewati batas ini jika memang diperlukan. Tapi saya tidak merekomendasikan anda berada di bawah kepadatan ini, karena dari pengalaman saya sangat sulit mengoptimasi halaman yang kepadatannya terlalu rendah (di bawah 1,5%)
Mudah-mudahan artikel ini cukup membantu anda memahami masalah kepadatan kata kunci untuk SEO ini.
Praktek dan Penerapan Kepadatan Kata Kunci Yang Disarankan
Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui apa itu SEO. SEO adalah sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa SEO adalah segala upaya yang dilakukan untuk membuat halaman web kita menjadi ranking di mesin pencari yang dikehendaki.
Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik?
Alasan pada umumnya adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.
Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat.
Anda harus mau melalui proses di dalam belajar SEO dengan benar, jika anda mau berhasil. Luangkan waktu 1 sampai 2 bulan ke depan untuk melakukan setiap tahap dengan benar.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami cara kerja dari mesin pencari. Mereka yang tidak paham dengan cara kerja mesin pencari akan cenderung berpikir optimasi SEO yang dilakukannya tidak berhasil, dan mereka berhenti di tengah jalan. Jadi di sini saya merekomendasikan anda membaca artikel lain yang terkait dengan bagaimana seo itu bekerja