Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Dalam Beberapa Teknik
Salah satu optimasi website yang masih banyak tidak diketahui oleh pelaku SEO pemula adalah optimasi SEO onpage. Optimasi SEO onpage ini adalah semua optimasi yang bisa anda lakukan pada website anda untuk membuat Google menyukai web anda.
Jadi di sini akan dijelaskan secara bertahap apa yang bisa anda lakukan untuk optimasi onpage dari blog anda. Sayangnya artikel ini lebih sesuai untuk pelaku SEO intermediate level yang sudah punya beberapa pengetahuan SEO dasar. So, untuk yang benar-benar baru belajar SEO, mungkin bisa mempelajari panduan ini dengan sangat perlahan dan membuka-buka link yang ada di dalam artikel ini.
Mari kita mulai…..
Optimasi SEO onpage yang dijelaskan di dalam artikel ini akan terbagi atas beberapa bagian utama:
- Optimasi pada bagian head halaman web
- Optimasi pada bagian body halaman web
- Optimasi halaman muka
- Optimasi sitewide
- Optimasi halaman artikel
- Yang harus dihindari saat melakukan optimasi SEO onpage
Artikel ini akan sangat lengkap membahas masalah onpage, jadi bagi anda yang benar-benar mau serius meningkatkan kondisi dari website anda silahkan membaca secara perlahan agar anda bisa melakukannya dengan benar.
Panduan ini berlaku untuk semua halaman web dan bukan hanya untuk blogspot saja. Jadi setiap pemilik web silahkan mengusahakan agar webnya sesuai dengan petunjuk di bawah ini.
Optimasi Pada Bagian Head Halaman Web
Yang dimaksud dengan bagian head dari halaman web adalah bagian yang di batasi oleh kode <head> sampai </head> di dalam halaman web anda. Ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan di dalam bagian head ini yaitu title tag dan meta description
Dua elemen ini saja yang perlu menjadi fokus utama dari bagian head saat membuat halaman web anda….
Title Tag
Ada banyak sekali orang yang membuat title tagnya menjadi sangat panjang, bisa ada puluhan kata di dalam title tag. Ini bukanlah praktik yang baik karena semakin banyak kata di dalam title tag anda, maka setiap kata hanya akan mendapatkan poin yang kecil. Itu akan sangat mempersulit halaman web anda untuk menguasai kata kunci yang tertentu.
Title tag itu sebaiknya dibatasi 7-8 kata saja. Dan jika anda masih punya agenda untuk mengangkat kata kunci yang lain, maka sebaiknya buat halaman baru yang ditujukan khusus untuk optimasi kata kunci tersebut. Ingatlah untuk selalu memastikan tidak ada halaman web yang memakai title tag yang sama.
Yang perlu anda perhatikan adalah type dari website anda. Apakah website anda membahas banyak niche atau fokus pada niche tertentu saja.
Kalau website anda adalah website yang fokus pada niche tertentu, maka anda bisa menggunakan title tag untuk kata kunci paling berat di dalam website anda. Ini berbeda dengan mereka yang menggunakan banyak sekali niche yang berbeda di dalam satu websitenya. Jika website anda merupakan campuran dari banyak niche, maka halaman home hanya bisa menggunakan kata kunci yang umum. Kata kunci per nichenya bisa anda fokuskan pada halaman kategori.
Kata kunci yang umum itu seperti “berita terbaru” atau “portal berita” atau cukup hanya berisikan nama domain saja.
Yang perlu anda ketahui saat anda membuat website dengan banyak niche, maka anda sama saja membuat banyak website yang masing-masing berfokus pada satu niche. Jika anda membuat 5 niche berbeda, maka itu sama saja anda mengoptimasi 5 website yang berbeda. Jadinya akan sangat sulit untuk mengoptimasi banyak niche bersamaan di dalam satu domain. Satu sama lain akan saling mengaburkan fokus relevansi kata kunci di keseluruhan website.
Bagi anda yang pernah membuat website dengan niche yang beragam dan website dengan niche yang fokus, pasti bisa merasakan beda tingkat kesulitan dalam optimasinya. Anda harus bekerja keras melakukan update artikel dan juga mencari backlink jika nichenya campur aduk.
Saat membuat title tag di halaman artikel sebaiknya anda tidak perlu mengikutkan title tag dari halaman home atau brand anda. Kecuali anda memang berencana menjadikan brand anda menjadi kata kunci yang bisa dicari orang suatu saat nanti, maka silahkan mulai mengoptimasi brand menjadi kata kunci.
Rangkuman:
- Optimasi SEO onpage untuk title tag itu sebaiknya maksimal 7-8 kata. Kalau ada banyak kata kunci yang ingin anda menangkan, maka buatlah artikel yang lain, itu akan jauh lebih mudah
- Untuk website yang hanya membahas satu niche….kata kunci utamanya selalu dimasukkan di dalam title tag dari homepage. Sedangkan untuk website yang mempunyai banyak niche, maka kata kunci utama untuk masing-masing niche difokuskan pada halaman kategorinya.
- Jangan pakai brand di title tag, kecuali memang itu fokus dari bisnis anda. Misalnya crystal x, vimax, dll.
- Pastikan tidak ada halaman yang memakai title tag yang sama.